Kegiatan Investigasi Kontak (IK) dilaksanakan di semua kabupaten/kota se Daerah Istimewa Yogyakarta oleh kader terlatih SSR Sinergi Sehat Indonesia Kabupaten Bantul dan Sleman, SSR PKBI Kota Yogyakarta, Implementing Unit TBC Gunungkidul dan Implementing Unit Kulon Progo. Kegiatan IK oleh kader berjalan sejak Januari-Maret 2021 pada masa transisi hingga saat ini.

Investigasi kontak adalah kunjungan rumah yang dilakukan oleh kader TBC terlatih untuk memberikan informasi mengenai TBC sekaligus melakukan skrining/penapisan gejala TBC pada semua anggota keluarga yang merupakan kontak serumah dan kontak erat pasien TBC. Jika dari hasil skrining/penapisan ditemukan gejala TBC (1 gejala utama TBC/1 gejala lain dan 1 faktor risiko/anak < 5 tahun) maka terduga tersebut dirujuk untuk periksa dahak di Fasyankes terdekat.

Kegiatan IK di awal program diharapkan dapat tercapai 100%. Adapun jumlah indeks kasus yang dapat di IK oleh kader sangat bergantung dengan jumlah indeks di Puskesmas. Capaian indikator ini masih terus berkembang seiring berjalannya program. Kesiapan kader yang mengikuti pelatihan penyegaran di bulan Mei 2021 menjadi salah satu kekuatan untuk perbaikan di semester berikutnya.