Bertepatan dengan International Youth Day 2023 yang jatuh pada tanggal 12 Agustus, Community of Practice mengadakan webinar dengan tema “Orang Muda Peduli & Bebas Period Poverty!”. Di tengah isu-isu yang mendesak dan kita alami seperti perubahan iklim, polusi, penebangan hutan, dan degradasi tanah, rasanya tepat bila kita berdiskusi mengenai lingkungan sekitar dan bagaimana aktivitas kita sebagai orang muda memberi dampak sekaligus juga terdampak oleh perubahan iklim global.

Dalam webinar ini, didiskusikan beberapa poin penting yang berangkat dari pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana orang muda menyikapi period poverty, serta bagaimana kita mempromosikan green skills untuk orang muda. Webinar dimoderatori oleh Yosephine Stella (YIFoS Indonesia) dan dibuka dengan sambutan oleh Ibu Ciptasari Prabawanti (Direktur Siklus Indonesia) dan dr. Margaretha Sitanggang (UNFPA Indonesia). Adapun narasumber pada webinar ini di antaranya Giasinta Livia (Digital Health and Innovation Focal Point UNFPA Indonesia), Kalis Mardiasih (aktivis gender), dan Syifana Ayu Maulida (SISILISM).

Apa sebenarnya period poverty itu? Period poverty, atau dalam bahasa indonesia berarti ‘kemiskinan menstruasi’, adalah masalah yang timbul karena kurangnya akses perempuan kepada produk menstruasi. Kemiskinan yang dimaksud di sini bukan hanya kemiskinan secara material, melainkan merujuk pada kondisi ketika perempuan yang menstruasi tidak memiliki cukup akses terhadap kebutuhan akan informasi, edukasi, hingga fasilitas pendukung terkait kebersihan dan kesehatan menstruasi.

Period poverty merupakan dampak dari stigma dan mitos seputar menstruasi yang berkembang di masyarakat, hasil dari kurangnya edukasi kesehatan reproduksi. Ketika proses reproduksi yang normal dan wajar justru dipandang sebagai suatu hal yang tabu, masyarakat cenderung enggan untuk membahas dan mendiskusikannya secara terbuka. Akibatnya, masyarakat kita abai menyadari masalah-masalah yang muncul, dan justru mendorong masalah tersebut semakin kompleks tanpa upaya untuk mencari solusi bersama.

Webinar ini dapat diputar ulang di kanal YouTube Kreator Konten Kespro. Kunjungi tautan ini untuk menyimak diskusi tentang period poverty, dan bagaimana kita sebagai orang muda dapat turut terlibat dalam pengentasannya!